Macapat
oleh Bapak Adi Suripto
oleh Bapak Adi Suripto
01. Dhandanggula | |
Jroning nampa
pepesthen puniki Wajibira mung nuhoni dharma Apan wus dadi kodrate Lelaku jro lumaku Titi tata tatag ing batin Nggayuh yuning bebrayan lahir trusing kalbu Mula lumaku makarya Antepira sepi pamrih lahir bathin Makarya tan akarya |
Didalam kita menjalani hidup ini, sesuai dengan kodratnya kita hanya nuhoni dharma, melaksanakan kewajiban sesuai dengan kodrat kita sebagai manusia karena itu dalam setiap perbuatan kita harus menyadari untuk bekerja dan bekerja tanpa pamrih, bisa diupamakan makaryo tan akaryo artinya kita berbuat sesuatu tetapi kita tidak merasa membuat sesuatu yang kita harapkan hasilnya, orang jawa mengatakan sepi pamrih rame gawe. |
[ sekar ] [ arti ] | |
02. Dhandhanggula .. | |
Sakehing kan dumadi
makardi Lir Hyang Widhi kan tansah makarya Nguribi jagad tan leren Surya, candra lan bayu Bhumi tirta kalawan agni Paparing panguripan Mring pamrih wus mungkur Anane nuhoni dharma Iku dadya "sastra cetha" tanpa tulis Nulat lakuning alam |
Semua yang ada ini
bekerja Bahkan Tuhan pun bekerja Menghidupi dunia ini tanpa henti Matahari, bulan, angin, Bumi, air dan api semua bekerja demi kelangsungan hidup, dan tanpa pamrih. Dasarnya hanyalah merasa wajib. Alam adalah "ilmu nyata" Kita wajib meniru dharmanya |
[ sekar ] [ arti ] | |
03. Asmarandana | |
Samankya hamba
udani Mring tatwa jatining Atma tan beda Sang Hyang Widhine Jro gesang mapan ing raga Nyandhang sarwa sangsara Mung paduka Yang Maha Gung Pangruwating papa nistha |
Kini aku
benar-benar mengetahui Tentang kesejatian Atma Yang tak berbeda denganMu Tuhan Selagi hidup tinggal di jasmani ini Yang ada adalah derita Hanya paduka ya Tuhan Yang mampu membebaskan derita ini |
[ sekar ] [ arti ] | |
04. Asmarandana .. | |
Tatwa jatine Sang
Hurip Yekti sunare Kang Kwasa Ing raga muhung samangen Raga maujud ing donya Dumadi nuju tuwa Wekasan rusak lan lampus Parane bali sangkanya |
Wahai Sang Hidup
sejati Engkaulah sinar Sang Kuasa Di badan ini hanyalah bertempat jasmani ini senantiasa "menjadi" "menjadi" terus menuju tua Hingga akhirnya rusak dan mati Kembali ke asal muasal |
[ sekar ] [ arti ] | |
05. Pangkur | |
Ajining wong ing
wicara resep sedep wijile rum aririh wosing sedya laras runtut grapyak gampang tinampa culing tutur tinampa datan ngelantur Solah bawa mung samadya Karyenak tyasing sasami |
Nilai manusia
ditentukan bicaranya enak didengar sedap dan tidak keras maksudnya jelas dan keluar teratur akrab dan gampang diterima kata-kata baik dan tak berkepanjangan sikap dan gaya cukup seperlunya membuat senang siapapun |
[ sekar ] [ arti ] | |
06. Pangkur ... | |
Jejege janma ing
nala pikir resik rereged den ilangi tindak tanduk ywa kumrungsung nyenyamah nyakrabawa apan iku karana tyas kumalungkung ngagungken diri priyangga adhakan ndeder bilahi |
kewibawaan orang
karena pikiran berpikir baik tanpa kekotoran berbuat jangan terdorong kemarahan jangan mengecilkan dan mencurigai orang hanya karena Rasa Sombong dan merasa diri lebih "tinggi" itu ibarat menanam benih celaka |
[ sekar ] [ arti ] | |
07. Sinom | |
Dhuh pra mitra
kawruhana jatine sagung kang keksi tan beda sira lan ingwang kawengku kuasaning urip kang anyipta sakalir mula sira iku ingsun tan ana dudu mitra ywa kongsi kalimput lali kawruhana lahir batine tyasira |
wahai mitraku
ketahuilah bahwa segala yang ada ini tak berbeda engkau dan aku semua dalam kekuasaan sang hidup yang mencipta semua ada karena itu engkau adalah aku tak ada yang bukan "mitra" itu jangan engkau lupakan kini cobalah "mawas diri" |
[ sekar ] [ arti ] | |
08. Sinom ... | |
Lali yen sireku
ingwang Dudu patrape kang jati Mung hardaning nafsunira Ambuntel nutupi batin lali marang kang jati Kasurung kareping nafsu Cengkah lan Caking dharma memitran amung lelamis Singkirana yen ngudi yuning buwana |
Lupa bahwa "Engkau
itu Aku" Bukan perbuatan yang seharusnya Itu hanya kehendak nafsumu Bagai selimut menutupi batin Lupa pada "yang sebenarnya" Terdorong kehendak nafsu Hingga berlawanan dengan dharma Kemitraan ekedar lamis Hindarilah, biar dunia ini "rahayu" |
[ sekar ] [ arti ] | |
09. Mijil | |
Wijiling kang
wacana winarni Rumpakaning Raos Dadya tutur lir tirta iline Mijil saking tuk telenging bumi Mili amratani Mrabawa bisa wruh |
Kusampaikan
berbagai ajaran yang tersusun rapi di hati ini Biarkan mengalir bagai air yang keluar dari dasar bumi Biar menjadi nasehat yang berarti Membuat orang mengerti |
[ sekar ] [ arti ] | |
10. Mijil .. | |
Lamun sira
nggegulang agami Werdinen den bontos Ywa kasengsem katrem ing ilmune Upacara lan susilaneki Kudu den lakoni Kanthi setya tuhu |
Bila engkau
mempelajari agama Pelajarilah secara mendalam Jangan hanya menyenagi ilmunya Upacara dan ajaran kesusilaannya Juga wajib kau jalankan dengan sepenuh hati |
[ sekar ] [ arti ] | |
11. Pucung | |
Janma Agung Tan manggon ing pangkatipun Miwah raja brana Gumantung aneng pakarti Jro laksana angagungken kamanungsan |
Orang besar Bukan karena pangkatnya Bukan karena kekayaanya Ditentukan oleh perbuatannya Ia personifikasi kemanusiaan |
[ sekar ] [ arti ] | |
12. Gambuh | |
Wruhana raga pun
iku dumadine saka alam telu Alam wadag, alam jiwa dan atmaneki Openan kanthi laku Lakune ngeningken batos |
Kini ketahuilah
bahwa manusia itu Terdiri dari 3 alam Alam wadah atau jasmani, alam jiwa atau rohani, dan alam atman yang maha suci Ketiganya harus kita pelihara dengan baik Dan caranya hanya dengan mengheningkan hati kita sendiri |
[ sekar ] [ arti ] | |
13. Gambuh | |
Carane ana telu Tarak Brata, Tapa Brata iku Puja Brata iku laku kabeng katri Telu lakonono Runtut Dimen Tinampa Hyang manon |
Caranya ada tiga Yaitu tarak broto untuk jasmani kurangilah makan, tidur dan mengendalikan panca indera Topo Broto, Rohani kendalikanlah hawa nafsu Dan puja broto melaksanakan konsentrasi sepenuhnya dengan cara meditasi ketiga-tiganya harus dijalankan secara bersama-sama |
[ sekar ] [ arti ] | |
14. Maskumambang | |
Ida Ratu Paduka kang Sanggeng Langit Mugi priksanana Hamba ngaturken pejati Canang sari lan daksina |
Ya Tuhan Engkau yang turun dari langit Perhatikanlah hamba untuk saat ini Hamba menghaturkan pejati canang Sari dan Daksina |
[ sekar ] [ arti ] | |
15. Maskumambang | |
Banten suciSadaya
pan Sanpun prabi Nyimbrama Paduka Ingayab Dewa lan Dewi Murub mincar cahyanira |
Semua Banten Suci
sekarang telah tertata semogalah engkau datang ya tuhanku Dan kami menyembrama paduka Yang teriring oleh dewa dan dewi Dalam cahaya kegelapan yang turun dari langit |
[ sekar ] [ arti ] | |
16. Kinanthi | |
Mung tiga
sarananipun Dupa sekar lawan warih Mangambar gandaning dupa Kumelun mumbul wiyati Binarung manunggalingtyas Ngagungken Asmaning Gusti |
Hanya tiga sarana
sembahyang Dupa (api), kembang dan air Bila keharuman mulai menyebar oleh asap dupa menuju langit Mulai endapkan batin - jiwamu Dan agungkanlah namaNYA |
[ sekar ] [ arti ] | |
17. Kinanthi | |
Mung tiga patrap
kang baku Asana patrap kang dihin Pranayama unjal uswa Nulya asta manganjali Anyebut mantram Tri Sandya Manembah mring Sang Hyang Widhi |
Ada tiga sikap
pokok sembahyang ASANA sikap badan yang baik Pranayama pengaturan nafas Kemudian sikap tangan manganjali Mulailah mengucapkan Tri Sandya Menyembah Hyang Widhi Wasa |
[ sekar ] [ arti ] |
Karyanya sangan menggugah pikiran saya, terasa sejuk dipikiran, Mohon bisa disisipkan informasi tentang siapa bapak adi suripto, terimakasih, kt gunawan
ReplyDeleteTaunya Adi Suripto adalah Sekjen PHDI Pusat beberapa tahun yl
ReplyDelete